Cari Blog Ini

Selasa, 11 Januari 2011

Virus hiv tak perlu ditakuti berlebihan


vIRUS HIV memang sangat mematikan namun tidak perlu ditakuti secara belebihan karena penyebaran virusnya tidak mudah. Bagi masyarakat yang ingin tahu lebih jauh tentang penyebaran virus HIV bisa menghubungi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Jakarta Timur di nomor 021 – 4167 4019.
Pada acara penyuluhan HIV/AIDS yang digelar KPAP Propinsi DKI Jakarta di Kecamatan Matraman Jaktim, Kamis. Ada sejumlah narasumber, anggota LSM, dan unsure masyarakat. “ Virus HIV itu tidak bisa menular dengan mudah. Modus penularannya antara lain melalui hubungan seks dengan pengidap HIV, menggunakan jarum suntik secara bergantian, dari Ibu hamil kepada janin yang dikandungnya,”
Khususnya penggunaan jarum suntik secara bergantian, banyak dilakukan pada kalangan pecandu narkoba. Saat menggunakan jarum suntik secara bergiliran, mereka tidak sadar bahwa virus HIV dari salah satu penderita dapat menyebar kepada orang lain. Untuk itu, para dokter yang praktik di rumah sakit, puskesmas maupun rumah, juga diwajibkan menggunakan satu jaru suntik untuk sekali pemakaian. “ Penggunaan jarum suntik untuk satu kali pemakaian ini sudah menjadi standar kesehatan,”
Bahaya penularan melalui jarum suntik yang sulit dikontrol adalah melalui pembuatan tato. “Banyak jarum suntik tato dipergunakan banyak orang sehingga dapat menularkan virus HIV kepada orang lain. Jadi, kalau seseorang mau membuat tato, apalagi di jalanan, harus berpikir panjang, apakah jarum yang digunakan steril atau tidak. “ Penyuluhan tentang bahaya virus HIV yang mengakibatkan AIDS perlu diketahui masyarakat luas agar mereka bisa mengantisipasinya. Sedangkan kepada orang yang terlanjur terkena virus tersebut, harus ditangani sebaik – baiknya agar dapat menjalankan sisa hidupnya dengan baik, serta tidak menularkan kepada yang lain.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar